TipAsuransi.Com

Cara Daftar Polis dan Klaim Asuransi

Menu

BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Nasional atau yang disingkat BPJS merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk menyaingi atau menandingi Perusahaan Asuransi Swasta yang banyak berkembang di indonesia. Namun sepertinya cara yang satu ini tidak cukup efektif, sebagian masyarakat masih lebih berminat terhadap Asuransi Kesehatan Swasta. Mengapa? karena Perusahaan swasta mampu memberikan pelayanan lebih dibandingkan dengan BPJS. Tidak sedikit pula orang yang lebih memilih untuk menjadi peserta dua Asuransi ini.

BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik

BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta Mana yang Lebih Baik dan cocok Untuk Anda

Pada Dasarnya Terdapat 9 Poin yang menjadi pembeda pada BPJS kesehatan Dan Juga Asuransi Kesehatan Swasta. Nah berikut adalah 9 Poin tersebut yang sekaligus bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda apakah ingin setia dengan Asuransi Swasta atau BPJS.

1. Besaran Premi Asuransi

# BPJS

Karena ini merupakan prrogram yang dibuat oleh pemerintah, tidak heran kalau BPJS tidak akan menarik biaya yang mahal untuk pelanggannya. Untuk orang biasa mereka diharuskan membayar sebesar Rp 25.500 saja perbulan. Perusahaan biasanya juga akan menanggung biaya BPJS untuk Karyawannya. Sedangkan jika untuk Fakir miskin dan juga Veteran tidak perlu lagi membayar iuran karena sudah ditaggung oleh pemerintah.

Jika telat membayar, denda yang diberikan juga sangatlah kecil hanya 2% dari total iuran saja.

Informasi lainya :

– Besar Iuran tidak dipengaruhi oleh umur, semuanya sama
– Besar Iuran tidak Dipengaruhi oleh Gender
– Besar iuran tidak dibedakan untuk yang perokok dan bukan perokok

# Asuransi Kesehatan Swasta

Pada asuransi Swasta kita diharuskan untuk mambayar premi dalam jumlah yang cukup lumayan. Setiap bulannya kita dituntut untuk membayar hingga ratusan ribu rupiah. Jangka Waktu pembayaran juga bisa ditentukan apakah mau 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

Informasi lainnya :

– Premi Akan semakin besar sesuai dengan umur pesertanya.
– Premi akan semakin Besar jika peserta merupakan perokok
– Terdapat perbedaan harga Premi antara Pria dan Wanita.

2. Manfaat Dan Kegunaan

# BPJS

Fasilitas yang diberikan oleh BPJS terbilang sangat lengkap. Tidak hanya memberikan fasilitas rawat inap saja, BPJS juga menerima kehamilan, optik, gigi, rawat Jalan, Amulans dan lain lain. Selain itu BPJS juga memiliki program Yang sangat diperlukan oleh masyarakat seperti Penyuluhan, KB dan juga Imunisasi.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Rawat inap merupakan salah satu pelayanan yang diprioritaskan dalam asuransi kesehatan swasta. Mereka akan memberikan pelayanan berupa kamar, operasi, obat, jaminan kematian , ambulan, kunjungan dokter dan masih banyak lagi. Sedangkan jika ingin mendapatkan fasilitas lain seperti rawat jalan, anda dituntut untuk membayar premi yang lebih besar. Dalam Asuransi Kesehatan tidak ada fasilitas untuk kehamilan, optik dan juga gigi.

3. Plafon Biaya

# BPJS

Jika peserta mau mengikuti semua prosedur yang ada maka BPJS akan menanggung semua biaya yang diperlukan hingga peserta benar benar sembuh. jika ingin pindah ke ruangan yang lebih tinggi kelasnya atau pembelian sejumlah obat Maka pasien harus mengeluarkan biaya tambahan sendiri.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Nah sedangkan pada Asuransi Kesehatan Swasta terdapat plafon asuransi atau yang lebih kita kenal dengan limit. Dalam kontrak asuransi terdapat maksimum batas perawatan yang diberikan. selama masih dalam batas itu maka pihak asuransi akan menanggung semua biaya yang diperlukan. Akan tetapi jika sudah terlewati peserta diharuskan untuk menanggung biaya perawatannya sendiri. Dalam Asuransi Kesehatan Swasta, perhitungan Plafon dibedakan menjadi dua jenis yaitu berdasarkan waktu dan juga berdasarkan per penyakit.

4. Penyakit Bawaan Yang Di Cover Asuransi

# BPJS

BPJS akan menanggung semua penyakit yang diderita oleh pesertanya, tidak perduli apakah itu penyakit baru maupun penyakit bawaan. Yang terpenting kita adalah Peserta dari BPJS. Dan untuk mendaftarnya juga sangat mudah, kita hanya diharuskan untuk mengisi formulir persyaratan dan kemudian membayar iuran.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Pada saat ingin mendaftar ke suatu Asuransi Swasta anda harus melakukan prosedur terlebih dahulu seperti Medical Cek Up terhadap semua anggota keluarga peserta. Biasanya pihak Asuransi tidak akan menanggung jika peserta memiliki penyakit bawaan. Namun ada juga pihak yang mau menanggung namun dengan beberapa persyaratan yang perlu di penuhi seperti harus menjadi peserta asuransi selama dua tahun.

5. Kemudahan Pelayanan

# BPJS

Biasanya untuk mendapatkan pelayanan anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Untuk mendapat Rujukan anda diharuskan untuk ke FasKes ( Fasilitas Kesehatan) terlebih dahulu. Setelah itu baru Faskes akan merujuk peserta ke Rumah Sakit yang sudah Bekerja sama dengan BPJS. Bisa dibilang cukup berbelit belit agar peserta bisa mendapatkan pelayanan Dari BPJS. Belum lagi kalau diharuskan untuk mengantri dalam waktu yang lama. Jumlah Rumash Sakit yang bekerja sama dengan BPJS masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan yang bekerja sama dengan Asuransi kesehatan Swasta.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Pihak yang bekerja sama dengan Asuransi Kesehatan Swasta Dibandingkan BPJS lebih banyak. Hampir semua RS akan menerima peserta dari asuransi Kesehatan swasta. Jika mengalami kecelakaan atau sakit peserta akan ditangani dengan segera. Proses yang harus dijalani juga mudah sekali.

6. Pilihan Rumah Sakit Yang Melayani

# BPJS

Anda hanya bisa dirawat di rumah sakit yang telah ditentukan oleh BPJS. jika anda ingin pindah ke Rumah sakit lain anda harus menunggu selama 3 bulan. Peraturan ini sudah ditentukan oleh BPJS dan masih tetap berlaku meskipun kamu berada diluar kota. Akan tetapi terdapat pengecualian jika Pasien sedang dalam kondisi yang Darurat, oleh karenanya penting bagi anda untuk mengetahui kondisi darurat seperti apa yang dimaksud oleh BPJS.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Dikala anda sakit, anda bisa menentukan sendiri Rumah sakit mana yang akan disinggahi dan ditempati tidak perduli itu dimana saja. Meskipun Rumah sakit tersebut tidak bekerja sama dengan pihak asuransi anda masih tetap bisa dirawat di Rumah sakit tersebut dan pihak asuransi akan menanggung biayanya.

7. Layanan Asuransi Jiwa

# BPJS

BPJS kesehatan tidak memiliki program Asuransi Jiwa.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Biasanya asuransi kesehatan swasta memiliki program asuransi jiwa. Jadi jika pesertanya meninggal dunia maka ahli warisnya akan mendapatkan dana asuransi kematian.

8. Batas Wilayah Coverage

# BPJS

Ini merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah, jadi hanya mencakup wilayah indonesia saja. Jika anda terpaksa harus dirawat diluar negeri maka anda diharuskan untuk membayar dengan uang sendiri.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Anda tidak perlu khawatir dengan resiko penyakit yang anda alami meskipun sedang berada diluar negeri. Karena hampir semua asuransi kesehatan swasta akan menanggung semua biaya perawatan pesertanya meskipun diluar negeri.

9. Double Claim

# BPJS

Pada BPJS tidak terdapat layanan Double Claim. Apa maksudnya double claim? maksudnya anda hanya bisa mendapatkan layanan dari satu pihak asuransi saja. contohnya jika tempat bekerja anda memberikan asuransi untuk karyawan maka pada saat anda sakit anda tidak bisa lagi klaim ke BPJS karena sudah ditanggung oleh asuransi Kantor.

# Asuransi Kesehatan Swasta

Beberapa perusahaan asuransi Swasta seperti allianz, sinarmas dan pridential memiliki layanan double claim. Jadi meskipun perusahaan memberikan layanan asuransi kamu masih bisa mengclaim asuransi lainnya.

Ya, Masing masing dari Pihak Asuransi baik itu BPJS maupun swasta memiliki kelebihan dan juga kekurangannya sendiri sendiri. leh karena itu tidak heran ada orang yang memiliki kedua asuransi untuk untuk mendapatkan semua manfaat yang diberikan. Lalu Manakah yang akan menjadi pilihan untuk kamu?

Info Selain : BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan
aca asuransi kesehatan, macam asuransi kesehatan sekali bayar

Page

    Page

      Page